Skip to content
- Visi SMA Islam Insan Cendekia Baitul ’Izzah
“Terwujudnya lembaga pendidikan yang mampu menjadikan peserta didik sebagai calon pemimpin umat yang shaleh, cerdas, unggul, dan bermartabat.”
- Indikator Visi:
1) Terwujudnya kekuatan akidah, kebenaran ibadah, dan kemuliaan akhlak.
2) Terbentuknya katakter calon pemimpin yang shidiq, amanah, fathonah, tabligh
3) Terwujudnya generasi yang menguasai IPTEK.
4) Terbentuknya generasi yang memiliki kepercayaan dan kehormatan diri
- Misi SMA Islam Insan Cendekia Baitul ‘Izzah
1) Menjadikan lembaga pendidikan sebagai sarana membentuk siswa yang berakidah Islamiyah kuat, berakhlak mulia, dan bermanfaat untuk kemanusiaan (rahmatn lil ‘alamin)
2) Melaksanakan proses pendidikan sebagai sarana internalisasi nilai-nilai Islam secara komprehenship dalam memadukan berbagai aspek kecerdasan (intelektual, emosional, sosial, dan spiritual)
3) Membina siswa menjadi generasi berkepribadian Islami dan punya ghirah Islam
4) Membekali siswa dengan pengetahuan, ketrampilan dan kecakapan untuk kehidupan di masa mendatang
5) Menjadikan lembaga pendidikan yang mempunyai karakter yang bernilai lebih dalam komunitas Islami (Islam Community)
6) Menjadikan lembaga pendidikan sebagai sarana dakwah
7) Mengembangkan sistem administrasi sekolah berbasis teknologi dan komunikasi
8) Mewujudkan sekolah yang memiliki layanan prima kepada warga sekolah, masyarakat dan mitra kerja sekolah (stake holder).
9) Melaksanakan kegiatan pembelajaran dan kegiatan secara efektif dan efisien berdasarkan standart nasional pendidikan dan visi dan misi Yayasan Pendidikan Islam Baitul ‘Izzah.
- Tujuan Pendidikan SMA Islam Insan Cendekia Baitul ’Izzah
a. Tujuan Umum
Meletakkan dasar kecakapan hidup secara generik yang meliputi penajaman kecakapan personal, kecakapan berpikir rasional, dan kecakapan sosial berlandaskan pada kecerdasan spiritual.
b. Tujuan Khusus
Untuk mengoperasionalkan dan merealisasikan misi sekolah, perlu disusun tujuan sekolah sebagai berikut :
1) Memiliki sistem pembelajaran dan pembimbingan yang diintegrasikan dengan nilai syari’at Islam.
2) Memiliki sistem pembelajaran yang berkualitas yang berdasarkan standart nasional pendidikan, khususnya standart proses Permendiknas No 41 Tahun 2007 .
3) Tingkat kelulusan peserta didik dalam ujian akhir 100% dan memiliki kualitas kelulusan sesuai dengan standart kompetensi lulusan berdasarkan Permendiknas No 23 Tahun 2006 dan standart sekolah.
4) Memiliki peserta didik yang mampu menjuarai kompetisi bidang akademis dan nonakademis sampai tingkat propinsi.
5) Memiliki OSIS yang mampu menjadi sarana pengkaderan kepemimpinan.
6) Memiliki kegiatan ekstrakurikuler yang mampu mewadahi pengembangan diri sisiwa.
7) Tingkat keberhasilan peserta didik mengatasi kesulitan yang dialaminya mencapai 95%
8) Memiliki budaya sekolah yang agamis, harmonis dan kondusif serta terbentuknya budaya lingkungan sehat dan dinamis.
9) Memiliki lingkungan sekolah yang asri, indah, nyaman, dan menyenangkan.
10) Memiliki program kepondokan yang sesuai dengan visi sekolah
11) Memiliki fasilitas sekolah yang sesuai dengan standart kuantitas dan kualitas.
12) Tingkat kedisiplinan dan ketertiban warga sekolah tinggi.
13) Semua pendidik dan tenaga kependidikan dapat melaksanakan tugasnya secara professional dengan penuh kreativitas
14) Sekolah memiliki layanan prima kepada warga sekolah, masyarakat dan mitar kerja sekolah (stake holder).
15) Sekolah memilki program kegiatan yang memberi manfaat bagi masyarakat
16) Memiliki hubungan tata kerja antar warga sekolah yang harmonos dan dinamis.
17) Memiliki hubungan kerja yang baikdengan komite sekolah dan mitra kerja lain.