Program Bimbingan & Konseling

Program bimbingan dan konseling diartikan sebagai seperangkan kegiatan yang terencana, terorganisasi, terkoordinasi selama periode waktu tertentu dan dilakukan secara mengkait untuk mencapai tujuan. Dalam UU.No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 1 ayat 1 dinyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Undang-undang tersebut sejalan dengan tujuan khusus bimbingan dan konseling dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah yang menyatakan bahwa layanan bimbingan dan konseling memiliki tujuan untuk memahami dan menerima diri dan lingkungannya, merencanakan kegiatan penyelesaian studi, perkembangan karier dan kehidupannya dimasa yang akan datang, mengembangkan potensinya seoptimal mungkin, menyesuaikan diri dengan lingkungannya, mengatasi hambatan atau kesulitan yang dihadapi dalam kehidupannya dan mengektualisasikan dirinya secara bertanggung jawab.

Program Bimbingan dan Konseling di SMA Islam Insan Cendekia Baitul ‘Izzah memiliki tujuan untuk mengembangkan karakter siswa agar menjadi pribadi yang berakhlakul karimah, mandiri dan bertanggung jawab serta siap menjadi sosok pemimpin sejati di masa yang akan datang. Sehingga untuk mencapai tujuan tersebut, siswa dibina dan ditempa di sekolah dan ditindaklajut di rumah agar terdapat sinkronisasi antara pihak sekolah dan keluarga.

TUJUAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING

  1. Mendampingi siswa dalam pengembangan potensi dan pengembangan diri
  2. Mengatasi hambatan dan kesulitan yang dihadapan dalam studi, penyesuaian dengan lingkungan pendidikan, masyarakat maupun lingkungan kerja
  3. Membantu siswa untuk memiliki kompetensi dan kemauan tinggi dalam mencapai target dan cita cita masing masing ndividu
  4. Membantu siswa mampu berkomunikasi, bersosialisasi serta memiliki kepatuha dinamis terhadap norma dan aturan
  5. Mendampingi siswa agar menjadi pribadi yang berakhlaqul karimah dan menjadi generasi intelektual