Gelar Karya Profil Sekolah Penggerak
Bismillah..
Alhamdulillah beberapa pekan yang lalu telah dilaksanakan kegiatan dari shoih sholihhah kelas 4 SDIT Baitul Izzah. Ada yang tahu kegiatan apakah itu? Ya, unjuk kerja proyek siswa sekolah penggerak. Karena mulai tahun pelajaran 2021/2022 ini SDIT Baitul Izzah menjadi salah satu sekolah penggerak tingkat sekolah dasar di Kabupaten Nganjuk.
Ada yang tahu tentang sekolah penggerak. Yuk, kita cek apa sih sekolah penggerak itu?
Program Sekolah Penggerak adalah program untuk mendorong proses transformasi satuan pendidikan agar dapat meningkatkan capain hasil belajar peserta didik secara holistic baik dari aspek kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) maupun non-kognitif (karakter) untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Program Sekolah Penggerak adalah program untuk mendorong proses transformasi satuan pendidikan agar dapat meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara holistik baik dari aspek kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) maupun non-kognitif (karakter) untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1177/M/2020 tentang Pedoman
Sekolah penggerak, menyebutkan bahwa tujuan Program Sekolah Penggerak adalah meningkatkan kompetensi dan karakter yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila,menjamin pemerataan kualitas pendidikan melalui program peningkatan kapasitas kepala sekolah yang mampu memimpin satuan pendidikan dalam mencapai pembelajaran yang berkualitas, membangun ekosistem pendidikan yang lebih kuat yang berfokus pada peningkatan kualitas, serta menciptakan iklim kolaboratif bagi para pemangku kepentingan di bidang pendidikan baik pada lingkup sekolah, pemerintah
daerah, maupun pusat.
Dalam sekolah penggerak diharapkan ananda dapat membentuk karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila. Profil Pelajar Pancasila adalah profil lulusan yang bertujuan menunjukkan karakter dan kompetensi yang diharapkan diraih dan menguatkan nilai-nilai luhur Pancasila peserta didik dan para pemangku kepentingan.
Profil Pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi, diantaranya:
(1) Beriman
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
(2) Berkebinekaan Global
(3) Mandiri
(4) Bergotong royong
(5) Bernalar kritis
(6) Kreatif
Profil Pelajar Pancasila merupakan upaya menerjemahkan tujuan dan visi pendidikan ke dalam format yang lebih mudah dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan pendidikan. Rumusan Profil Pelajar Pancasila dibuat dengan tujuan sebagai kompas bagi pendidik dan Pelajar Indonesia. Segala pembelajaran, program, dan kegiatan di satuan pendidikan bertujuan akhir ke Profil Pelajar Pancasila.
Profil Pelajar Pancasila adalah karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu pelajar melalui budaya sekolah, pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, maupun
ekstrakurikuler.
Penting bagi siswa belajar lintas mata pelajaran berbasis projek. Namun demikian, pembelajaran berbasis projek saat ini belum menjadi kebiasaan dikebanyakan sekolah di Indonesia, sehingga perlu dukungan kebijakan pusat. Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah terjemahan dari pengurangan beban belajar di kelas (intrakurikuler) agar siswa memiliki lebih banyak kesempatan untuk belajar di setting yang berbeda (less formal, less structured, more interactive, engaged in community).
Kegiatan Gelar Karya Proyek Profil Pelajar Pancasila Kelas 4 SDIT Baitul Izzah Nganjuk dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Februari 2022 di SDIT Baitul ‘Izzah Nganjuk. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh semua siswa kelas 4 didampingi oleh Guru Pendampingnya. Adapau jenis kegiatannya berupa karnaval dan pentas tari adat beberapa propinsi di Indonesia.
Hasil yang diharapkan dari kegiatan Gelar Karya Proyek Profil Pelajar Pancasila antara lain:
- Menambah pengetahuan siswa mengenai kekayaan budaya propinsi-propinsi di Indonesia
- Memberi pengalaman bagi siswa dalam mengenal budaya Indonesia
- Memperkenalkan beberapa tarian adat
- Meningkatkan rasa percaya diri siswa
- Mengajarkan kerja sama dan gotong royong dalam kelompok
Kegiatan ini sangat bermanfaat baik bagi siswa kelas 4 khususnya dan semua siswa pada umumnya. Semangat para siswa dalam menyiapkan proyek ini dan kemudian menampilkannya perlu diapresiasi dan diberi motivasi untuk lebih meningkatkan rasa percaya diri, semangat kerja sama, dan gotong royong serta menghargai sesama. (Ustzh Yani)
mantab dan sangat menginspirasi saya